Sunday, September 17, 2017

Mati Penasaran Karena Bali

All photos: balifunky.com
Bali merupakan salah satu gugusan pulau di Indonesia yang memiliki pesona luar biasa, dari lokal, nasional, hingga dunia internasional sangat mengagumi Bali yang dikenal dengan julukan “The Goddes Island”. Banyak warga dunia yang masih menyangka bahwa Bali tidak berlokasi di Indonesia. Namun nyatanya, Bali adalah hanya satu dari sekian aset keindahan panorama alam Indonesia.

Kita pun bisa berasumsi bahwa rasanya tidak mudah untuk Bali bisa bersaing dengan keindahan-keindahan alam di seluruh penjuru dunia, namun Bali adalah yang teristimewa, hal ini dibuktikan oleh para pelancong atau turis yang berkunjung kesana. Dimana beberapa waktu lalu Raja Salman dari Arab Saudi beserta rombongan, dan juga Barrack Obama beserta keluarga juga memutuskan untuk berlibur di Bali. Tidak hanya pesona pantai yang dimiliki Bali, pegunungan, sungai, dan suasana pedesaan memiliki satu kesatuan magnet yang memikat para turis lokal dan macanegara untuk menyaksikan sendiri keindahannya.



Pariwisata Bali beberapa kali berhasil mendapatkan penghargaan yang bergengsi di dunia internasional, hal ini disebabkan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Bali, dan pihak-pihak yang terkait memiliki kerjasama yang baik dan “militan” untuk menjadikan Bali sebagai pulau impian bagi semua orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika para pelancong atau traveler berbondong-bondong ingin merasakan hal-hal yang menyenangkan di pulau Dewata ini.
Sejak lama pula, saya memiliki impian untuk bisa berkunjung ke pulau Bali.

Melihat Bali dari jarak yang dekat tapi jauh, seperti melalui berbagai media, dari majalah, program TV khusus jalan-jalan, liputan pernikahan artis, sampai berita nasional yang terjadi di Bali. Saya belum merasa jadi orang Indonesia kalau belum bisa menginjakkan kaki di pulau paling memikat ini, demikian batin saya. Dari sekian banyak impian saya, salah satunya adalah berkeliling ke daerah-daerah di seluruh penjuru nusantara. Saya ingin menjadi saksi dari keindahan alam Indonesia, dan menceritakannya kembali kepada seluruh orang melalui berbagai media. Saya ingin keindahan yang berserak itu saya rekam melalui mata dan hati yang dahaga.


Bagi saya, Bali merupakan salah satu tujuan yang dekat di depan mata melalui
Pencarian 4 Blogger Yang Mau Diajak Liburan Ke Bali Gratis! Wah, saya senang bukan main setelah mendapatkan pesan ini di grup komunitas yang dibagikan oleh salah seorang kawan. Jelas sekali bagai gayung bersambut, rasanya seperti sudah mendapat undangan dari para dewa di Bali. Bukan hal yang berlebihan jika saya merasa demikian, toh saya benar-benar ingin menghirup udara Bali yang saya dambakan sejak dulu, melihat langit kala pagi, siang, sore, dan malam yang saya bisa gunakan untuk menggali inspirasi untuk membuat puisi juga.

Pemerintah kita sedang menggencarkan berbagai macam program budaya dan pariwisata untuk menarik minat pelancong, maka dari itu bagi saya yang belum melihat Bali dengan mata sendiri, merasa benar-benar tidak sabar untuk menghadapi impian yang akan terwujud. Buat saya sendiri, jika kita mengadakan liburan atau perjalan lalu tidak menulis, hal tersebut sama saja tidak menghargai usaha pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.


Saya memang baru berkunjung ke beberapa daerah di pulah Jawa dan Madura, belum pernah sekalipun ke pulau-pulau besar maupun kecil diluar pula Jawa, namun saya selalu menyempatkan diri untuk menuliskan pengalaman dalam perjalanan saya itu di blog, sehingga para pembaca tahu tentang lokasi-lokasi wisata yang mungkin belum pernah mereka ketahui keberadaannya. Dengan begitu, kita membantu pemerintah untuk mempromosikan daerah-daerah yang luput dari pantauan media yang kebanyakan hanya memantau lokasi-lokasi atau daerah-daerah yang sudah populer.

Nah, disanalah peran kita sebagai blogger dalam memberikan sumbangsih secara nyata dan aktual dalam memberdayakan potensi menulis, network, serta mempromosikan keindahan alam Indonesia. Serpihan surgawi yang indah akan sangat sayang dilewatkan begitu saja, bagi saya pun media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter misalnya, memiliki keterbatasan dalam menceritakan pengalaman kita, dan blog adalah salah satu yang dapat mencakupi semua elemen tersebut secara sempurna dan lengkap.


“Bali Funky” merupakan salah satu platform yang juga memiliki kepekaan terhadap perkembangan dunia pariwisata, khususnya di provinsi Bali. Oleh karena itu, bagi seorang blogger seperti saya adalah sebuah keharusan untuk menggaungkan minat kita untuk melestarikan alam melalui berbagai macam cara. Ide dan gagasan yang kreatif serta inovatif dapat menjadi langkah awal untuk bisa memberikan udara segar di setiap sendi agar tercipta semangat yang selalu baru untuk mewujudkan “kefanatikan” terhadap pariwisata yang ideal.

Pulau Bali selain dikenal dengan pantai-pantainya yang indah, air terjun, wisata kuliner, desa paling cantik karena tertata dengan sangat apik, lanskap persawahan yang berhasil mendapat pengakuan dari UNESCO, juga dikenal dengan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat, budaya, serta toleransi antar agama dan kepercayaan masing-masing pemeluknya. Fenomena tersebut seyogyanya juga harus menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang yang berkunjung ke Bali dan mereka yang belum pernah menginjakkan kakinya di pulau penuh cinta itu.



Masyarakat rukun dan sejahtera berawal dari sikap saling menghormati dan menghargai, satu hal yang mereka pahami dan yakini adalah diri mereka sebagai manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, jadi dengan begitu setiap orang sudah memiliki kesadaran alamiah saat berinteraksi sebagai manusia yang beragama dan bermasyarakat.

Kembali pada pulau yang menawan ini, saya berharap bisa berkunjung untuk bisa menuliskannya secara komprehensif. Disamping destinasi wisata yang bisa saya kunjungi, wahana permainan dan olahraga baik di darat, laut dan udara, juga keadaan masyarakat yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang menjadi warisan leluhur sehingga tercipta hubungan alam dan manusia yang harmonis dan dinamis. Warga hidup dengan aman, tenteram, sejahtera dan makmur karena memiliki kesadaran untuk menjaga alam.

Bali adalah miniatur Indonesia dimana kita bisa belajar kearifan lokal bertemu dengan dunia modern dan saling melengkapi. Hal-hal yang menjadi warisan nenek-moyang tidak digerus oleh arus modernisasi, tapi lebih jauh dijadikan simbol bagi peradaban dari masa ke masa, sehingga generasi bangsa ini yang hidup dan yang akan lahir di bumi pertiwi dapat berbangga hati karena memiliki “rumah” yang sangat nyaman untuk ditempati dan menjadi tempat kembali.

Meskipun hampir semua daerah di Bali bisa menjadi tujuan wisata dan tercatat lebih dari 50 lokasi wisata yang terdapat disana, namun berikut ini adalah tempat-tempat yang menawarkan keindahan alam juga lanskap yang membuat mata tak dapat terpejam, seperti: Legian, Kintamani, Nusa Penida, Buleleng, Uluwatu, Jimbaran, Legian, Seminyak, dan Nusa Dua. Dijamin  kamera kita juga tak pernah bisa beristirahat untuk mengabadikan momen menakjubkan.

Jika saya mendapat kesempatan untuk berkunjung kembali, ingin sekali mencoba rafting, berkeliling pedesaan dengan mengendarai sepeda dan mengobrol dengan penduduk disana, begitu pula menyaksikan langsung umat Hindu beribadah di Pura Besakih. Berbagi dan bertukar cerita bersama mereka, karena yang kami yakini cinta dan kasih Tuhan menyertai kita semua.

Saya berharap tidak mati penasaran sebelum menyaksikan dan merekam keindahan Bali secara menyeluruh, mendukung pariwisata Indonesia sama juga kita mendukung upaya pemerintah daerah untuk memperkenalkan keindahan alam Indonesia di mata dunia.
-- "This post is my attempt to be chosen as 1 of the 4 winners of Bali Funky Blogger Hunt in collaboration with Pungky Prayitno." --

also check this site out:
http://balifunky.com



10 comments:

  1. Naa . . . jangan hanya bermimpi hayoo ke Bali.

    Keren Kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatur nuhun Bunda... :) mudah-mudahan dapat tiket ke Bali ya .. hehe

      Delete
  2. Semoga bertemu di Bali :) saya juga lagi ikutan giveaway nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkenan membaca mas.. semoga bisa bertemu ya!!😊 boleh minta.link tulisannya? Thank you

      Delete
  3. Mantap!
    Kalau dapat jangan lupa ajak ajak ya ci Una...
    Aku juga belum pernah ke Balu nih...hiks...

    ReplyDelete
  4. siiiip, hatur nuhun pisan nya teh.. :) mudah-mudahan bisa liburan bareng ke Bali ya!!

    ReplyDelete
  5. Bali tak pernah biasa-biasa saja. Selalu istimewa :)

    ReplyDelete